Pages

Sabtu, 28 Juli 2012

Tutorial Root Samsung Galaxy Mini 2 aka Jena

Punya HaPe Android? Emang asik perangkat satu ini, dengan ribuan aplikasi dan games gratis menanti untuk didownload, plus harga yang terjangkau bikin handset ini cukup digemari.
Btw gue baru punya hape android juga. Samsung Galaxy Mini 2. masih anget banget barangnya. Jangan2 sebelum gue beli, mbak2 konternya lagi asik ngeremin ini hape. Udah. Gak usah dibayangin.

Punya hp android, gak afdol rasanya kalo belom di root. Kalo untuk android 2.2 aka froyo, cara rootnya gampang banget. Konekin ke laptop pake kabel data, jalanin SuperOneClick, beres.
Tapi GalMin 2 ini android 2.3 alias gingerbread. Repot banget mau rootnya. tapi bukan berarti ga bisa. Berikut ini tutor yang gue dapet dari Thread Samsung Galaxy Mini 2 Kaskus dan kalo kamu gak mau repot baca, ini gue kasih link tutorial post nya

Berikut yang harus kamu siapkan kalo mau root galaxy mini 2:
1. ClockWorkMod 5.0.2.8
2. Aplikasi Odin3 (ini buat flash ROM nya)
3. RootMe
4. Samsung USB Driver
5. Kabel Data.

(4 aplikasi teratas bisa kamu cari di google, kabel data dapet dari beli)

DO THIS WITH YOUR OWN RISK, ROOTING MENYEBABKAN HILANGNYA GARANSI
KERUSAKAN HP AKIBAT KESALAHAN KAMU BUKAN TANGGUNG JAWAB GUE

Tutornya :

Step 1. Flashing
  • install driver USB Samsung
  • ekstrak odin 3 dan rootme 
  • matiin hp, masuk ke download mode ( tekan tombol powe+home+volume down secara bersamaan) sampe muncul gambar ini :
download mode 
  • jalanin odin3; berikut step with pict
penjelasan :
  1. konekin HH ke laptop/PC dg kabel data, liat sampe port ny berubah jadi warna kuning
  2. centang PDA
  3. klik PDA, masukin ClockWorkMod 5.0.2.8 yang tadi
  4. centang Auto Reboot dan F.Reset Time
  5. Klik start, tunggu sampe selesai 
seharusnya proses bakal jalan kayak ini ;

begitu selesai, hp akan restart sendiri, dan CWM udah terinstal

Step 2 : Rooting
  • matiin lagi hp kamu
  • masuk ke recovery mode (tekan tombol power+home+volume up+volume down), kalo bener mencetnya, harusnya akan muncul screen ini :
Recovery Mode
  •  konekin lagi hp ke laptop
  • jalanin runme.bat hasil ekstrak rootme tadi :
klik 2x di runme.bat
  • setelah selesai proses, lepas hp dari laptop
  • pilih reboot via cwm (pilihan teratas)
  • selesai. kalo berhasil, harusnya di list app kamu akan muncul aplikasi superuser.
Ini contoh dari hape gue yang udah berhasil ngikutin tutorial tersebut.

  ada superuser kalo berhasil, pic taken dari hape gue, via aplikasi screen capture
Sekali lagi gue camkan. Root dapat menghilangkan garansi hp android kamu. Dan di atas juga gue udah kasih peringatan juga. Kalo ga berani mending jangan diotak atik hapenya :). Do it with your own risk.

Keuntungan dari root adalah, kamu bisa menginstal aplikasi yang bukan kamu download dari playstore, dan bisa juga menghapus aplikasi bawaan pabrik yang nggak kamu butuhkan. 
Kerugiannya? seperti yang sudah gue bilang tadi, garansi hp akan hilang, dan malware2 / virus akan lebih gampang menyerang. sebenarnya soal malware ini, tanpa root pun kamu tetep bisa terinfeksi malware kalo kamu suka sembarangan buka link, atau donload aplikasi yang ga jelas juntrungannya. Dan soal garansi, sebenernya bisa dibalikin ke awal (unroot), cuma gue belum nemu cara unroot galaxy mini 2 ini.

Kayaknya sekian dulu dari gue, untuk detail lebih jelas silakan main ke thread kaskus (Waiting Lounge) Samsung Galaxy Mini II S6500 aka JENA disana dibahas secara mendalam mengenai Hape Samsung Galaxy Mini 2 ini.

pictures in the tutorials originally from kaskus thread. thank you for the thread starter and the contributors :).




ps : mimin, kaskus kok overposting melulu sih :nohope

15 komentar:

  1. min, pas jalanin runme.bat bacaannya begini "error = device not found" trus pas di reboot gak muncul aplikasi superuser nya T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. maap baru bales.. instal dulu samsung USB driver biar ke detect hapenya..

      Hapus
  2. gan,,,untuk masuk recovery modenya kuq gag bisa yah???padahal dah ngikutin langkah2nya,,,cuma muncul tulisan GT S7500,,,setelah itu layar mati,,,gag muncul recovery modenya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pengalaman ane tombol power nya dlepas setelah muncul tulisan samsung, tpi tombol laen jngn dilepas....
      :D

      Hapus
  3. CWM yang diinstal udah bener? yg khusus jena loh.. jangan yang laen.. kalo nggak bisa, flash ulang aja pake OFW galaxy mini 2.. balikin lagi ke awal sebelum ikut tutorial..

    BalasHapus
  4. cara flash ulang gmna gan tolong pencerahan nya n ofw apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kayak flashing pertama kali, bedanya ga pake CWM yg di atas tapi pakai ROM resmi asli Galaxy mini 2 ini.. semacam OS bawaan kalo pakai istilah komputernya..

      Hapus
  5. gan kok android ku selalu masuk ke mode recovery terus, gimana cara perbaikinnya, plisssss

    BalasHapus
  6. Setelah di root,galmin 2'ku kok di fitur cam/video record'nya ada garis tengahnya,dan blank warna putih separo.kenapa ya?
    hasil videonya jadi gak keliatan separo layar.tapi kalau hasil camera masih bisa keliatan utuh meskipun pada layar ada garis tengahnya.tapi di hasil jepretan,garis tengah tidak keliatan.please help me....

    BalasHapus
  7. tolong bales ke emailku ya...ariesoesieloe@gmail.com.
    thanks...

    BalasHapus
  8. thanx...mas brooo
    akhirnya jadi superuser juga
    prosesnya berjalan lancar tanpa ada kendala....

    BalasHapus
  9. gan punya saya (galaxy mini 2)gak sengaja masuk mode reovery gara2 saya pilih salah satu di rom toolbox (gak tau lupa) trus trus gak bisa kembali,padahal sudah saya reboot system now tapi tetep masuk mode recovery.
    gimana ni solusinya?

    BalasHapus
  10. terimah kasih kak, akhirnya ane berhasil root GalMin 2 ane, ijin share ilmu kakak ya?

    BalasHapus
  11. ni gan,q root pake aplikasi nyanmar pro apk,

    BalasHapus